5 Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Mesin adalah aset utama sebuah mobil, bahkan setiap kendaraan. Mesin mobil yang sehat membuat berkendara yang cukup baik.

Sebagai aset utama, mesin harus dirawat dan dijaga agar tetap sehat dan tidak gampang turun mesin. Meskipun sangat kompleks, ada tips simpel merawatnya. Di bawah ini lima tips simpel merawat mesin agar tetap sehat dan tak mudah turun mesin.

1. Bersihkan Mesin

Membersihkan mesin juga dapat memengaruhi kesehatan mesin mobil. Mesin akan cepat rusak jika kondisinya kotor dan berdebu.
Agar mesin mobil tetap sehat dan tidak mudah turun mesin, bersihkan ruangan mesin menggunakan cairan khusus.

Besihkan blok mesin minimum satu bulan sekali untuk mencegah terjadinya korosi. Jika mesin keropos, pasti akan berdampak pada performa mesin.

2. Rajin Service

Cara pertama agar mesin mobil kalian tetap terjaga kesehatannya adalah rajin melakukan servis setiap10.000 km. Cara ini juga sekaligus salah satu perawatan mesin mobil untuk jangka panjang. Pada saat service juga akan diketahui part- part yang perlu diperbaiki.
Jika telat service, mesin akan mengalami masalah karena setiap part memiliki usianya masing- masing. Jika kalian jarang service, part yang semestinya bisa diperbaiki, malah justru akan rusak dan mengganggu performa mesin.

Rajin service juga membantu kalian dalam hal pengeluaran biaya perawatan. Sebab part- part yang sekiranya masih bisa dipertahankan akan terkontrol dengan baik.

3. Rutin Cek Aki

Bagian lain yang harus rutin cek agar mesin mobil tetap prima adalah aki. Sebab, aki ini merupakan sumber kelistrikan pada mobil.
Aki mobil juga salah satu elemen penting dan sangat vital, sehingga kalian harus rutin memeriksa kondisi aki.

BACA JUGA  4 Tips Merawat Kulit Wajah Agar Terhindar dari Jerawat

Jika kalian menggunakan aki konvensional atau aki basah, jangan lupa untuk rutin cek cairan, jangan sampai kering ya. Sebab jika sampai terjadi kekeringan, aki tidak dapat digunakan.
Kerusakan pada aki juga akan memengaruhi kondisi mesin. Semakin sehat aki, maka akan semakin mudah untuk menghidupkan mesin.

4. Rutin Ganti Oli

Cara kedua agar mesin mobil kalian tetap sehat adalah rutin ganti oli. Bisa dibilang oli ini merupakan cairan yang bisa menyegarkan mesin, sehingga semakin rutin oli mesin diganti, semakin sehat pula mesin tersebut.
Jika kalian telat mengganti oli, itu akan berakibat fatal hingga dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Ketika oli jarang diganti, maka mesin dipaksa untuk melaju tanpa cairan pelumas yang prima. Akibatnya komponen akan cepat aus dan rusak.

5. Rutin Cek Radiator

Bagian lain harus selalu dicek untuk memastikan kesehatan mesin adalah, radiator. Bagian ini yang bertugas menjaga suhu mesin tetap dingin.

Bagian ini juga merupakan komponen yang berfungsi untuk selalu menjaga mesin agar selalu dingin dan tidak cepat panas.
Radiator harus dipastikan tidak bocor dan kondisi air jangan sampai kosong. Dengan demikian, performa radiator akan tetap terjaga.

Jangan gunakan air sembarangan saat mengganti dan menguras air radiator, selalu gunakan cairan radiator khusus.